Pedoman Umum Wisata ke Israel

Berkunjung di Israel kadang menjadi salah satu impian aku. Motivasi saya adalah ingin melihat tempat-tempat bersejarah jadi ketika aku membaca Alkitab jadi semakin bisa mengangankan lebih lagi. Tidak tahu terpikir gerangan akan pergi ke Israel tahun ini, segenap serba instant. Kerinduan kurang lebih teman kantor untuk bertolak kesana pun membuat pecacal membuat group kecil dan menunjuk ladenan penyedia tour. Kami pun berangkat gugur 8 Oktober 2015 dan lalu. Karena kami mengunjungi besar tempat, sepertinya satu post ini siap sangat berjarak sekali. Namun pada posting kali ini aku ingin membawa data-data realistis tentang Israel dan juga pengalaman beta masuk di Israel dengan perantara nabi Amman, Jordania. Sebagian besar data mengenai Israel abdi tulis sebelum kunjungan aku ke Israel (maklum kategori darah A super terlampau yang harus prepare dr jauh-jauh hari). Ketika tersedia kesempatan menurunkan, saya pula biar menambahkan tips-tips bagi sobat-sobat pembaca yang mungkin berencana untuk tiba kesana.

Sekilas tentang Israel, yang pada tahun 1920 hingga 1948 dikenal dengan sebutan Palestina, diartikan sebagai Negara yang terletak di tanah Timur Tengah (31 30 Mengambil, 34 45 E). Israel merupakan tanah suci untuk sejumlah keyakinan dan tasdik seperti Judaism, Kristen, Islam, Druze, & Baha’i. Negri Israel dikelilingi oleh Mesir, Gaza Strip, Jordania, Lebanon, Syria, West Bank.

Geografis

Dari segi pandang geografis, tanah Israel memang teruk luar biasa. Bukan seperti Negeri2 tetangganya yang sebagian gede terdiri daripada padang gurun yang renyah, Israel diartikan sebagai sepotong zona sempit tetapi subur, yang diuntungkan soalnya hujan yang dibawa angina yang lahir dari kawasan Mediterania. Unik negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya (Ulangan 6: 3). Walakin, ini sama sekali berlaku bagi bagian barat negeri. Benar kita turun ke tengah, kita hendak bertemu pada punggung perbukutan yang menjadikan negeri bingkai timur suatu daerah “bayangan hujan”.



Keadaan

Musim demam yang panjang, hangat, & kering di dalam bulan April-Oktober dan paket tour holyland musim dingin rendah yang lasak dan adem di bagian Yerusalem dan Safed dalam bulan November-Maret. Musim tahi angin biasanya susut pada sementara dingin, yang biasanya kebart di bagian utara & tengah Israel dan kurang di sesi utara Negev dan intim tidak ada tahi angin di bagian selatan.



Pengalaman di Imigrasi

Masuk ke Israel dengan perantara Jordania rasanya deg-degan. Meski apa-apa, bahwa sampai tersumbat di imigrasi jadwal tur bisa rongseng, mengingat jadwalnya cukup beku. Sejak mulai Indonesia pula biar saya gak mau angkat yang mustahil atau berkelakuan yang mustahil. Pemimpin tur kami tutup mengingatkan kalau tidak usah 'sok-sok an' di imigrasi supaya prosesnya lancar. Aku sempat sembunyi-sembunyi mengambil foto sebelum merembes ke imigrasi. Di imigrasi gak degil ambil foto sama sekali plus belum-belum disambut sama tentara-nya yang bawa senjata.

Sebelum masuk di Israel, kita akan menilik pihak imigrasi Jordania ketika perbatasan. Soalnya kami berangkat dalam lapisan, maka semua paspor kalian akan dikumpulkan menjadi satu dan pengurusan akan dibantu oleh kubu tour. Maka kami cuma menunggu di dalam bus untuk menunggu paspor kami di cap.

Sehabis selesai metode itu, bus akan menunjukkan ke tapal batas bagian Imigrasi Israel. Disini yang penjagaannya ketat sungguh. Begitu sampai bagian Israel, ada tentara-tentara juga yang memeriksa bus kami. Bahwa lolos, pertama masuk di tahap manajemen.