Teknik Menonton Bola Di Stadion

Pas jaman kuliah dalam Solo, beta termasuk penyuka berat kesebelasan Persis Soliter. Sampai-sampai penggemblengan jadi nomor dua & nonton festival di stadion Manahan wajib dinomor satukan. Setiap Tepat Solo permainan saya jelas menyempatkan saat datang di stadion untuk nonton sinambung pertandingannya. Tapi saya adalah suporter yang labil, tatkala udah mara kuliah saya memutuskan untuk pensiun dari dunia persuporteran. Sekarang aku menjadi suporter di depan TV, walaupun nonton di depan TV sensasinya bakal terasa lain banget.

Dari asam garam yang telah saya rasakan selama ini, saya bakal berbagi tips nonton sepak bola di stadion. Apa aja yang kudu dipersiapkan pra pergi ke stadion.



1. Tau Jadwal

Sebagai suporter yang nggak keji mati dalam pacar kesayangannya. Ralat. Maksudnya nggak degil mati untuk klub jadwal liga inggris terbaru kesayangannya, harus tahu jadwal sayembara. Karena lazimnya klub sepak bola di Indonesia tidak mempunyai stadion otonom. Tahu seorang diri kan, Persija aja udah beberapa periode pakai stadion Manahan dalam home base mereka.

Nggak mau nyasar kan, udah siap-siap atas siang tarikh. Dibela-belain bohongin pacar sejumlah kalau nganter kakek sunat. Masuk Stadion Gelora Bung Karno sekiranya cuma nonton bangku stadion yang mematung.

2. Memiliki Tiket

Sistem penjualan karcis Liga Nusantara masih cerai berai, dateng segera ke loket tentu antrinya panjang banget. Panjangnya mungkin dapat sama sumbuk antrian mobil plat B yang merasuk ke metropolis Bogor setiap hari liburan. Disinilah getah perca calo karcis biasanya menghapuskan jasa. Sadar jasa yang ditawarkan tauke tiket nggak murah. Beta sarankan berlabuh lebih asal untuk mengambil tiket yang dijual di loket stadion, walaupun cara ini agak basi. Soalnya banyak suporter yang juga punya pikiran yang serupa. Ya... anggap aja ini lah salah satu sensasi kalau sasaran nontong refleks di Stadion.



3. Tenteng Bekal

Dalam Stadion lazimnya harga target dan minuman bisa usang dengan pangkat normal. Bawa bekal minuman satu tukil air mineral dan beberapa cemilan juga udah pas.

4. Bukan Membawa Kira-kira Berbahaya

Memapah pacar yang nggak ngerti masalah bola juga dikategorikan dalam kurang lebih bahaya. Di setiap momen yang terjadi lebih dari ruput hijau nggak hendak ada replynya, karena tidak sedikit stadion yang nggak memiliki semacem sebeng TV bagi tayangan ulang. Kalau pujaan hati sibuk nanyain ini-itu inti kita jelas akan teralihkan. Suporter lain lompat-lompat kepuasan gara-gara globe masuk tiang dan awak cuma tengok kanan-kiri merenungi nasib yang begitu menyedihkan.

5. Pakai Jersey

Jersey sangat penting bagi suporter. Namun juga tidak sampai khilaf pakai jersey, masuk ke Stadion Si Jalak Harupat pakai jersey Persija. Nggak mau kendi jadi target suporter lawan.

6. Seleksi Tribun

Selain jangan mencapai berbatas salah memakai jersey, milih tribun pun jangan mencapai berbatas salah. Saya sendiri pun pernah mengalami hal sumbuk gini ketika pertandingan Tentu akurat Solo menjaga PSIS. Tersebut diakibatkan olehkarena itu kelabilan saya, dukung PSIS tapi duduk di tribun penonton yang dipenuhi suporter Persis Solo.

Saya cuma bisa hidup diem kayak arca yang kehilangan jati diri.

Udah begitu aja. Tersebut adalah kira-kira tips nonton bola di stadion atas saya, mungkin temen-temen terselip yang sasaran nambahin tips dari beta ini. Silahkan berbagi dalam kotak masukan.